Bagaimana Pembelajar Sejati Menyekolahkan Diri ?

Tahukah Edumainers, Saat Orang Biasa bersekolah, Pembelajar Sejati justru sibuk menyekolahkan diri? Ia lebih banyak menyekolahkan diri dari segala yang ia alami saat bangun tidur hingga menjelang tidur. Saat ia ada di rumah hingga keluar kota. Saat ia sendiri, juga bersama. Saat ia berbicara, terlebih saat ia menyimak apa yang ia dengar dari lingkungan sekelilingnya. Hidup dan kehidupan adalah sekolah yang sebenarnya.

Ciri utama pembelajar sejati adalah kemampuannya untuk berpikir kreatif di mana saja dan kapan saja. Plus kekhasannya yang terlihat dari energi dan aura semangatnya setiap saat. Baginya, ethos keunggulan haruslah senantiasa disempurnakan dan diparipurnakan dengan kemampuan spiritual, emosional, sosial (termasuk seni dan budaya) dan kemampuan jasmaninya.

Ethos keunggulan ini justru ia dapatkan tidak hanya dari sekolah, namun dari universitas kehidupan. Sekolah, baginya adalah tonggak penunjuk jalan untuk mendapatkan bimbingan, kebijaksanaan dan arahan para pakar, agar ia sendiri mampu memberikan keteladanan nyata bagi lingkungannya. Bisa benar, bisa salah. Bisa pas, bisa pula ketinggalan jaman.

Disisi lain, baginya pula, gelar, sekolah dan pelajaran ia jadikan modal untuk  sebuah permulaan kehidupan untuk mendapatkan keterampilan hidup saat ini dan persiapannya di masa depan nanti. Yaitu menjadi pembelajar unggul di universitas kehidupan.

Karenanya, ia sangat menyenangi studi-kasus kekinian untuk mengasah entrepreneurship dan ketajaman naluri berbisninya, baik dari internet maupun dari para praktisi-sukses.

Dengan belajar dan sekolah secara efektif, ia berharap memiliki sumber daya yang berlimpah dan waktu luang yang lebih ternikmati, sehingga ia mampu memberikan kontribusi nyata dan memberdayakan masyarakat di lingkungan terkecilnya. Dan kemudian, seperti kebiasaanya, ia akan terus kembali menyempurnakannya secara bijaksana di sekolah kehidupan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: