Merdeka Itu, Ya Mampu Membantu…

Merdeka… Merdeka itu apa ya ? Bagaimana menikmati dan memaknainya ? Dan apakah kita sudah benar-benar merdeka ? Adakah cara terbaik dan paling efektif untuk mencapai kemerdekaan diri dan bangsa ini?

Bagi saya, merdeka itu bukan hanya pawai 17 Agustus-an, pengibaran bendera, gotong royong mempercantik fasilitas publik, sunatan masal, gebuk bantal, panjat pinang, atau seremonial dan “pesta rakyat” sejenisnya.

Bagi saya, merdeka itu adalah dari tidak tahu menjadi tahu. Dari tahu menjadi maju. Dari maju jadi membantu. Membantu keluarga, tetangga dan lingkungan terdekat kita.

Merdeka adalah kemandirian dalam kesalingketergantungan. Bukan sok mandiri, atau pun sok mampu.

Merdeka dari tekanan, merdeka dari ketakutan, merdeka dari sempitnya pikiran dan wawasan. Merdeka untuk mengambil dan menentukan pilihan, serta yakin dalam mengejar impian-luhur dan merdeka atas prakiraan hasil yang didapatkan. Kita hanya menyempurnakan usaha, dan biarlah Allah memberikan hasil terbaiknya yang telah Allah sekenariokan agar kita siap pada tantangan kemerdekaan berikutnya : dari jaman ke jaman.

Kita mulai saja dengan memerdekakan niat kita dari godaan kefanaan, memerdekakan kita dari kebelummandirian, dari hal-hal kecil, dari diri kita sendiri, dari sekarang, dan sedini mungkin.

Jadi, saat kita mengenal diri kita, saat kita mengenal anutan-terbaik kita, saat kita selalu berupaya memfitrahkan diri pada-Nya, saat itu pula kita sedang memerdekakan diri kita sendiri.

Merdeka, merdeka, merdeka !!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: