Secret to Be Successful Student

Dalam berbagai kesempatan, baik itu di kelas CDP (Career Development Program), MT (Management Trainee) maupun di kalangan mahasiswa dan siswa SLTA, selalu saja ada yang bertanya : “Bagaimana sih Pak, rahasia menjadi mahasiswa (pelajar) sukses itu?”

Tak jarang pertanyaan ini saya kembalikan lagi kepada yang bersangkutan atau kepada audience di kelas, “Menurut Anda sendiri, rahasia penting apa yang harus ada dan harus dilakukan agar menjadi pembelajar (siswa, mahasiswa) sukses ?”. Jawabannya pasti tak jauh dari “rajin belajar, jangan malu bertanya, banyak-banyak belajar mengerjakan soal test ujian, atau ikut dengan serius bimbingan belajar”.

Namun, rasanya kalau pun kesuksesan belajar itu hanya diukur dengan nilai akhir, NEM, IPK, ranking… koq rasanya, dangkal amat ya… Lalu bagaimana kesuksesan belajar itu diukur ?

Sebelum menjawab itu, ada baiknya kita menjawab pertanyaan-pertanyaan kepada diri sendiri mengenai kesuksesan belajar. Seperti, Apa saja impian tertinggi yang ingin saya peroleh selama belajar ? Apakah selama kita sekolah/kuliah kita pun mampu mengembangkan aspek kecerdasan kita lainnya, seperti kecerdasan linguistik, interpersonal, matematik, spasial/visual, kinestetik dan kecerdasan lainnya?

Apakah kini kita sudah mengenal tipe dan gaya belajar kita yang paling efektif untuk diri kita sendiri, sehingga dengan nyaman kita bisa memperoleh hasil belajar tertinggi kita?

Apakah kita memiliki pona anutan dan geng kelompok belajar (klab diskusi kelompok) yang membahas secara tematik terus-menerus aspek-aspek pembelajaran?

Apakah metodologi belajar kita sudah menggunakan teknologi terbaru pembelajaran optimal, selain Quantum Learning/Teaching, MindMapping, Neuro Semantics dan Neuro Linguistic Programming ?

Apakah kita sudah memiliki beberapa mentor (guru) pribadi yang secara tulus terus menerus menggembleng kita dari waktu ke waktu yang siap dihubungi kapan saja dan siap membantu kita secara tulus, total dan memuaskan ?

Apakah kita juga secara pribadi berusaha mencari informasi (melalui diskusi, buku, lokakarya, seminar, outdoor activities) dan membaca belajar bagaimana belajar yang lebih cepat, lebih sederhana, lebih mudah, lebih menantang, lebih menyenangkan dan lebih efektif namun juga sesuai dengan tujuan belajar kita ?

Kemudian, apakah kita selama ini sudah sungguh-sungguh belajar dan menggunakan metodologi belajar yang sudah terbukti sukses dan efektif ?

Dan terakhir, apakah ada nilai spiritual yang luhur dan mulia pada niat kita selama kita belajar ?

Rasanya, pertanyaan-pertanyaan diatas akan terus beranak pinak pada pertanyaan-pertanyaan ikutan lainnya. Namun selama kita SIAP BELAJAR SETIAP SAAT, membuka hati dan pikiran pada berbagai kemungkinan dan informasi terbaru, insya Allah itulah rahasia sukses sesungguhnya menjadi pembelajar sukses.

Semoga. Amin….

2 Tanggapan

  1. Saya juga sangat ingin menjadi pelajar yang sukses. Namun, tidak hanya sukses dalam sekolah saja. Tapi, saya juga ingin sukses di segala bidang. Mencari metode belajar yang tepat memang sulit. Untuk menjadi pelajar sukses, pasti perlu planning pembelajaran yang bagus. dan punya kemauan dan motivasi yang kuat. Semoga saya bisa merealisasikan itu. Dan menjadi pembelajar yang SUKSES!!! amin…..

  2. betapa bersyukurnya menjadi seorang pembelajar sejati. mudah-mudahan roh 2 seorang pembelajar sejati dapat memasuki roh dalam diri ini.

    salam dahsyat….insan pembelajar sejati,

    elly warlina

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: