Rahasia Pembelajar Sejati Dalam Berbagi

Membedakan orang biasa dan Pembelajar Sejati dalam mengajar, adalah sebuah keasyikan tersendiri.

Misalnya, sebagai salah satu contoh : di mana pun dan kapan pun, dalam diri Pembelajar Sejati serasa ada tuntutan untuk selalu mencari ilmu, merindukan makna dan mendapatkan hikmah. Untuk itu kadang ia mendatangi majelis ilmu dan kalau pun ada yang meminta, ia bahkan tak malu mendatangi yang membutuhkannya. Memberi layanan 120% dan berbagi dimana saja dan kapan saja.

Sepertinya dari waktu ke waktu, ia seolah selalu merindukan kelas yang menggairahkan, Dan saat ia menemukannya, ia langsung meledakkan suasananya menjadi riang, menyenangkan, dan menantang. Beberapa permainan ekstrim dan cara berpikir ekstrim tak jarang ia lontarkan. Otak kiri dan otak kanan ditantang berpikir keras, sementara solusi atau keputusan harus segera dicarikan dalam hitungan mundur waktu yang terus memacu. “Ayo cepat selesaikan, satu menit 17 detik lagi!”. Dan tentu semua itu tak hanya untuk menggairahkan suasana kompetitif, namun tetap relevan dengan tujuan dan target pembelajaran.

Dalam suasana kelas yang menggairahkan seperti itu, ia memberi jiwa, semangat dan inspirasi yang ruar biasa. Kemampuan “berpikir melingkar” (thinking skill), pemahaman dan daya ingat jangka panjang, lebih ia tekankan daripada kemapuan daya ingat. Terutama pada bingkai pemahaman bahwa segala sesuatu yang dilakukan dengan panggilan nurani, akan selalu membawa kita untuk hidup lebih berarti, lebih sukses, mulia, luhur dan bermakna.

Semua itu bisa terlaksana, bila Sang Pembelar Sejati terlibat langsung dalam bimbingan pribadi dan memastikan bahwa dukungannya membawa pada selangkah keberhasilan yang lebih tinggi.

Ya, itulah beberapa rahasia Pembelajar Sejati dalam mengajar dan berbagi.

Semua itu, sungguh… sudah saya dapatkan dari Guru Besar saya : almarhum Fatah Ashari. Semoga kita dapat kembali bertemu bersama di surga-Nya. Dan semoga Allah memberi rahmat dan kasih sayang-Nya padanya. Amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: