Simak, Lalu Pikirkan Apa Manfaatnya Bagiku ?

Pada tulisan “Hadir, Tapi Pakewuh…” saya telah saya menulis Level #1 Pembelajaran, yaitu hadir (kehadiran).

Kita wajib hadir jauh sebelum acara dimulai, minimal 15 s/d 20 menit sebelum acara, agar kita tidak sibuk dengen nafas dan keringat kita. Dengan hadir lebih awal, duduk paling depan, berarti kita sudah bersungguh-sungguh, berkomitmen dan siap menerima ”pelajaran”.

Level Pembelajaran adalah level dibatas mana kita sungguh-sungguh menyekolahkan diri.

Nah sekarang, mari kita bahas level pembelajaran berikutnya. Level #2 Pembelajaran adalah dengar. Dengan mendengar kita jadi faham, lain bila kita mendengar dari orang lain apalagi bila dibumbui dengan ”katanya sih..”, itu jelas kian mengurangi tingkat keyakinan kita akan informasi yang kita peroleh.

Mendengar langsung jelas akan jauh berbeda hasilnya bila kita mendengar dari seorang ahli yang menceritakan pengalamannya atau pengamatannya. Pasti informasi itu tanpa kita sadari telah disaring atau diracik sesuai minat dan tingkat atensinya. Dengan kata lain, informasi yang kita terima sudah tidak utuh lagi. Sudah terbumbui atau terpilah.

Lebih gawat lagi bila kita mendengar dari orang yang tidak pandai menyimak, kurang minatnya atas kandungan informasi itu atau dia sendiri hadir terlambat dan duduk paling belakang. Dan lebih celaka lagi, bila kita justru mempercayai dari orang lain yang tidak hadir di tempat itu namun dengan yakin ia bilang, ”Katanya sih begini dan begitu…”. Ah, rusaklah informasi itu.

Jadi, bila kita sungguh-sungguh ingin jadi pembelajar sejati : Pertama, hadirlah pertemuan (majelis ilmu, perkuliahan, pelatihan, seminar, rapat, meeting) lebih awal. Duduk paling depan, dekat layar atau pembicara, dan agak jauh dari speaker bila ada. Kemudian, dengar dan simak : apa inti pembicaraan yang disampaikan? Apa makna yang bisa saya ambil? Apa yang bisa saya lakukan dengan cara yang lebih baik dan powerfull? Dan apa saja manfaatnya bagi saya di masa yang akan datang untuk kebaikan saya dan orang-orang yang saya cintai?

Insya Allah, pertemuan itu bermanfaat adanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: