Lihatlah Agar Kita Jadi Percaya

reza-lihat-jadi-percayaLevel pembelajaran #1 : Hadir

Level pembelajaran #2 : Dengar

Saatnya kita sekarang membahas level pembelajaran ke-3 : LIHAT

Ok, sudah siap? Mari kita mulai!

Dalam setiap kesempatan sesi pembelajaran di HAI Edumain, saya selalu mewajibkan agar setiap peserta (insan pembelajar) untuk selalu melihat kepada si pemberi materi. Siapa pun yang memberikannnya, dan apa pun yang disampaikannya.

Lalu, bagaimana kalau peserta berpembawaan kinestetik dan auditorial? Mungkin tak jadi masalah bagi orang yang bertipe visual, namun saran saya bagi orang yang bertipe kinestetik dan auditorial, lihatlah sesering mungkin si pembicara. Itu saja. Titik.

Dengan melihat kita bisa jadi percaya. Dengan melihat kita jadi yakin betul apakah yang disampaikan itu benar-benar yakin, didasari oleh pengalaman nyata, sesuai hati kecil, masuk akal dan tidak mengada-ada, realistis, bermanfaat, dan visioner atau tidak.

Dengan melihat si pembicara kita sebanarnya tengah mengaktifkan indera ke-6 untuk menilai si pembicara itu bohong atau tidak, yakin atau tidak, berbobot atau tidak. Namun dugaan-dugaan ini harus sepenuhnya kita kesampingkan dulu. Karena, bukankah sebagian prasangka itu dosa?

Jadi lihatlah dan amati sepenuhnya. Bila sudah selesai atau ada jeda semisal istirahat atau sesi tanya jawab, kita bisa klaririkasi dan validasi ulang tingkat kebenarannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: