Rajinlah Mencatat Agar Selalu Ingat

agia-catat2Hari ini, mari kita bahas level pembelajaran selanjutnya. Untuk memudahkan Edumainers memahaminya, saya sedikt ulang materi yang sudah saya sampaikan terdahulu.

Level pembelajaran #1 : Hadir

Level pembelajaran #2 : Dengar

Level pembelajaran #3 : Lihat

Kini, yuk kita bahas level pembelajaran ke-4 : MENCATAT

Hasil survei, orang yang mencatat cenderung memiliki daya ingat yang lebih baik dan lebih panjang. Masudnya, apa yang diingat lebih banyak dan lebih detail, sekaligus lebih kuat untuk jangka waktu yang lebih lama dibandingkan dengan orang yang tidak mencatat.

Oh, apalagi kalau kita mencatat dengan metode Tonny Buzan : Mind Mapping! Wuih, banyak sekali manfaat nyata dan hasilnya pembelajarannya lebih efektif bila kita mencatat dengan metoda Pemetaan Pikiran itu.

Ada juga cara lain mencatat yang menggabungkan kekuatan otak kiri dan otak kanan selain Mind Mapping. Kita mencatat di kolom kiri dengan lebar kolom lebih kurang 70 s/d 75%, dan sisanya di kolom kanan ditulis semua kesan kita.

Mencatat disini adalah mencatat dalam bentuk tulisan tangan sendiri di atas kertas, bukan dengan ditik dengan microsoft word atau note pad di komputer. Kolom kiri untuk menulis hal-hal penting dan ide-ide kunci, dan kolom kanan untuk merekam semua perasaan dan penilaian kita pribadi. Penulisan di kolom kanan bisa berbentuk kata kunci (semisal: “Wow!”, “Gila!”), kata-kata (“Check di Google!”, “Aduh… teringat Nenek nih!”), ide pengembangan (“Ide bagus nih, hub segera si Dilla!”), gambar, simbol, logo, atau hal lain ekspresi spontan kita. Bila luang waktu, kasih warna pada tulisan atau gambar itu agar lebih apa yang kita tulis itu lebih “ceria”.

Dengan memasukkan perasaan-spontan kita, maka ada nuansa rasa yang unik yang kita dapatkan. Perasaan, dan emosi apa pun bentuk dan kadarnya kita cantumkan di kolom kanan sana. Dengan demikian, catatan itu jadi lebih hidup, lebih punya arti dan lebih berkesan bagi diri kita sendiri.

Karena, bukankah emosi juga adalah sebuah kecerdasan yang sebenarnya harus selalu kita libatkan dalam proses pembelajaran?

Tetaplah mencatat, agar kita selalu ingat.

Satu Tanggapan

  1. Rajinlah Mencatat Agar Selalu Ingat,,,
    karena kita tahu kalau manusia mempunyai kekuranga yaitu pelupa..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: