21 Cara “Emosi” untuk Percaya Diri

pede-aja-lagi

Edumainers, sekarang saatnya kita bahas kembali soal ke-pe-de-an yang lebih tinggi, dan sebenarnya lebih kompleks. Yaitu, bagaimana kita bisa meningkatkan rasa percaya diri kita dari sisi emosi atau mental kita.

Seperti biasa, banyak cara untuk meningkatkan rasa percaya diri kita dari aspek emosional. Dan seperti biasa pula, saya akan memberikan berbagai cara untuk meningkatkan ke-pe-de-an kita secara emosional agar Anda bisa memilih cara mana yang paling pas dan sesuai kemampuan Anda. Tentu, idealnya sih semua cara ini harus Anda coba. Ya, syukur-syukur mayoritas dari aspek-aspek ini dapat Anda praktekkan dalam kehidupan sehari-hari Anda. Dan selamat ber-PD-ria.

Inilah sejumlah cara untuk meningkatkan kepedean kita.

  1. Atasi kelemahan dengan kemauan kuat
  2. Banyak bergaul atau bergaullah dengan Klab Orang-Orang PeDe.
  3. Belajar menerima perbedaan dengan orang lain dengan lebih bijaksana.
  4. Bersabar dalam mendengarkan pembicaraan, minat dan perhatian orang lain hingga ia selesai menyampaikan semua pendapat, penilaian dan perasaannya.
  5. Berani mencoba hal baru : kebiasaan, rute, makanan, klab makan siang, dll.
  6. Bercita-cita realistis dan jangan ambisius
  7. Bertanggungjawab penuh atas segala sesuatu dan tidak mencari kambing hitam.
  8. Bila dinilai baik, ucapakan terimakasih dengan rendah hati.
  9. Miliki setidaknya 3 konsultan-pribadi-progresif yang tulus.
  10. Rayakan keberhasilan-kecil Anda dengan sahabat karib, dan bersyukurlah karenayanya.
  11. Banyak-banyak bermandiri.
  12. Bayangkan dan rasakan indahnya PD itu.
  13. Ikuti Humor di TV, Radio dan Majalah dalam porsi yang cukup sekedar mencairkan uraf syaraf dan bahan Anda bersosialisasi dengan lingkungan atau komunitas baru.
  14. Jadilah diri sendiri
  15. Mampu mengendalika emosi
  16. Miliki kebiasaan / mental teratur
  17. Nikmati hari ini dengan penuh gairah
  18. Terimalah masa lalu sebagai hikmah, pelajaran, i’tibar dan pembelajaran.
  19. Pantang menyerah sampai sukses
  20. Belajar kendalikan k-aku-an
  21. Tetaplah optimis walau belajar/jobs sulit (sulit bukan berarti tidak bisa, dan setelah kesulitan pasti ada kemudahan).

So, silakan tambahkan lagi cara lain sesuai keyakininan Anda, dan selamat ber-PD-jaya.

Satu Tanggapan

  1. 21 Cara “Emosi” untuk Percaya Diri,,
    terimakasih banyak untuk caranya,…
    sangat berguna .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: