Penyelesaian Masalah Tanpa Masalah

Belajar dan berbagi bersama dalam Training & Workshop “Problem Solving & Decision Making” di Hotel Twin Plaza Jakarta selama 2 hari kemarin, banyak hal yang cukup mencolok saya dapatkan.

Pertama, ethos belajar peserta lebih banyak dituntut karena pekerjaan dan bukan karena kebutuhan diri sebagai pembelajar yang senyatanya materi ini bisa kita aplikasikan pada dimensi kehidupan yang lebih luas.

Kedua, jam karet. Datang terlambat, istrirahat lebih lama, dan break juga ngaret lebih lama sehingga “produktivitas” belajar otoatis jadi kurang.

Ketiga, mayoritas peserta lebih banyak melakukan pendekatan penyelesaian masalah dengan mengandalkan logika, dan kurang “mempercayakan” pada kekuatan nurani atau panggilan hati. Ya, meminjam istilah Pak Ary Ginanjar Agustian, belum berpikir melingkar.

Keempat, saat di negara maju mereka belajar mindmapping sebagai salah satu metode menggali masalah mulai diperkenalkan sejak sekolah TK, di Indonesia banyak manager yang belum tahu apa itu Mind Mapping?

Kelima, masih banyaknya peserta yang asal-asalan mengerjakan tugas hanya untuk menggugurkan kewajiban. Belum nampak usaha ekstra untuk unggul, berprestasi, menunjukkan usaha terbaik dan menang. Masih berenergi rata-rata.

Keenam, ah… sudahlah. Jadi banyak nantinya.

Sayang kan, udah belajar jauh-jauh, meluangkan waktu dan meninggalkan pekerjaan, namun tak belajar ekstra keras…

Senyatanya, materi yang dibawakan ini sangat bagus. Kalo begini jadinya, saya khawatir pesertanya nanti akankah mereka mampu menyelesaikan masalah tanpa masalah?

Ah, mending saya mulai saja dari tim terkecil saya saja. Dan dari orang-orang yang benar-benar mau belajar bagaimana belajar yang efektif itu.

Satu Tanggapan

  1. Penyelesaian Masalah Tanpa Masalah,,,
    itu adalah hal yang jarang dilakukan oleh warga-warga ,,
    karena kebanyakan punya sedikit masalah
    menimbulkan masalah lain..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: