Membaca itu Nikmat

Membaca bagi saya adalah sebuah kebutuhan.

Kebutuhan untuk mengetahui, memperluas dan mempelajari diri sendiri. Dengan membaca, saya bisa berkelana ke dunia seni dan kreativitas, mengasah kemampuan menganalisa, menyerap semua riset ilmiah mutakhir, belajar kembali tentang sesuatu dari nol hingga menikmati bagaimana mengelola pikiran dan menata hati.

Alhamdulillah, saat satu malam saya menginap di Hotel Santika Bandung awal April kemarin, satu buku saya lahap habis. Satu buku lain yang saya bawa dan 5 buku yang baru saya beli, menanti giliran untuk dilumat habis. 56 saluran TV yang ada di kamar hotel, sama sekali tidak lebih menarik dari buku yang saya baca.

Dengan membaca, serasa relung-relung kekosongan jiwa ini satu persatu terisi sempurna. Padahal masih begitu banyak dinding-dinding kehampaan menanti untuk diwarnai.

Tapi, inilah manusia. Saat kemarin saya menginap 3 malam di hotel Ibis Malioboro Yogyakarta, tak satu pun dari dua buku yang saya bawa saya baca. Alasannya : zibuk, cape dan nguantuk. Dan tak terasa, hampir lebih dari 2 minggu ini saya kurang rajin membaca buku-buku yang baru saya beli itu. Akibatnya, kini relung hati dan langit pikiran ini rasanya jadi hampa dan tak berwarna.

Ah, alasan memang diciptakan untuk masuk akal. Saya harus mengencani buku-buku itu kembali. Karena hanya dengan membaca, saya merasa ada, berdaya dan mampu mengubah lingkaran kecil dunia saya. Semoga.

3 Tanggapan

  1. betul, pak. setul banget. ketika membaca hati saya merasa bungah, seperti org yg jatuh cinta. bahagia betul. heheh…

    salam kenal…

  2. Apalagi bila kita membiasakan diri setiap hari membaca kitab suci, dan membaca buku apa saja sesuai kebutuhan kita minimal 9 halaman, Insya Allah Pak Muharram.. semua itu akan sangat bermanfaat.

  3. Membaca itu Nikmat,,,
    karena dengan membaca akan membuahkan hasil kepada kita sendiri
    yaitu menambah ilmu lagi..🙂

Tinggalkan Balasan

