Berbagi untuk Menginspirasi

Ada satu cerita yang menarik saat 3 hari di Lampung untuk memberikan refresh training mengenai Retail Risk Management dan Risk Survey, Selasa hingga Kamis kemarin. Sebelum saya berbagi dalam sesi training, Pak Mulyana Store Command curhat duluan.

Pak Agung, dengan semangat berbagi dari yang Pak Agung berikan kepada saya sungguh sangat membantu saya dan benar-benar menginspirasi saya untuk tetap berdiri tegak dan mensyukuri hidup ini. Karenanya, saat teman saya mengalami kecelakaan serupa hingga kakinya terputus, lalu saya pun berbagi dengannya. Mulai respon pertama saya dan keluarga atas kejadian itu, juga perasaan-perasaan setelahnya. Ya… seperti juga saya waktu itu, mulanya ia putus asa dan malu. Bahkan ia sempat depresi hingga tidak mau keluar rumah. Hidupnya terasa jadi kelabu dan putus harapan. Namun alhamdulillah, berkat semangat berbagi itu dan juga pertolongan Allah, ia kini bangkit dan sukses menjadi dirinya sendiri”.

Ceritanya cukup panjang, namun itulah inti dari curhatannya itu.

Bagi saya, hidup dan kehidupan adalah sebuah pilihan. Kita ini seperti yang sekarang ini adalah karena rangkaian berbagai pilihan (keputusan) yang kita buat sendiri di masa lalu.

Ya, juga termasuk pilihan perasaan apa yang sedang kita bawa ini. Yang jelas, mau dibikin bete jadi bete beneran, mau dibikin bosan jadi bosan sungguhan, atau mau dibikin enjoy aja… Semua pilihan perasaan itu, switch-nya ada didalam kendali diri kita sendiri.

Jadi, kadang saya suka heran sendiri lihat orang yang bete sepanjang hari. Lebih parah lagi malah ada yang sampai – amit-amit – sepanjang hidupnya bete dan “manyun” terus. Tiap kali ketemu, pasti saja orang yang sebenarnya waras ini sedang punya keluh-kesah mendalam. “Aduh, mendung nih mana ngak bawa payung lagi!”. “Aduh, tadi ke kantor muacet banget sampe gua terlambat masuk kerja!”. “Aduh, bos koq ngasih target tinggi banget!”. “Aduh, dia koq ngak tahu saya ini siapa?” Juga aduh dan aduh, serta keluh kesah yang lain. Lama kelamaan, bisa jadi bila kita terus bergaul dengan orang seperti ini, jangan-jangan waktu dan stock energi yang kita punyai akan terkuras dan terbuang percuma.

Nah kembali pada cerita indahnya berbagi tadi, saya begitu yakin, dengan berbagi akan ada banyak manfaat yang kita peroleh. Khususnya bila yang kita bagi itu benar-benar kita berikan dengan ikhlas, benar-benar sesuai dengan hati-kecil kita dan sesuai dengan tujuan hidup kita untuk memberikan manfaat sebanyak-banyaknya kepada orang lain. Insya Allah, pasti akan sangat bermanfaat.

Berbicara mengenai semangat berbagi, DR. Stephen R. Covey pun dengan sangat cantik mengemukakan bahwa yang penting dalam hidup ini adalah bagaimana kita bisa menemukan tujuan hidup kita dan selanjutnya membantu orang lain melakukan hal yang sama. Tegasnya, “Find your inner voice and inspire others to find theirs“.

So, kini apa yang bisa kita bagi bagi orang-orang di sekitar kita, juga kepada orang-orang yang kita cintai ?

Satu Tanggapan

  1. Berbagi untuk Menginspirasi,,
    berbagi adalah hal yang menyenangkan,..

Tinggalkan Balasan

