Sorot Mata Paskibraka 2009

Paskibrka HAI Edumain Cianjur 2009 Minggu kemarin, saya berbagi dan memberikan motivasi kepada semua siswa Paskibraka Cianjur 2009. Tempatnya di asrama Raider TNI Gadung. Durasinya : 14 jam !

Materi diawali pukul 07.00 pagi dengan modul Belajar Bagaimana Belajar dan Bagaimana Menjadi Insan Pembelajar. Kemudian dilanjut dengan ”mengukur” Berapa Besar Energi dan Antusiasmu untuk Disiplin dan Maju. Dari dua modul pertama ini saja, cukup banyak siswa yang gelagapan. Tak sedikit yang merasa terlampau tinggi tuntutannya.

Padahal, di luar sana, tuntutan akan disiplin dalam universitas kehidupan jauh lebih ketat. Intinya, kita perlu disiplin atau ”mati” !

Disiplin selalu menyapa dengan halus dan lembut. Ia hanya mengingatkan lewat pengalaman yang pernah kita alami, lewat hati kecil dan akal sehat kita. Juga lewat imajinasi kita dan apa saja langkah nyata kita sekarang. Bila semua sapaan itu tidak kita hiraukan, maka harga yang terlampau mahal harus kita bayar.

Biasanya berupa rasa minder, ketertinggalan, penyesalan, kehilangan kesempatan emas, atau ketidakmampuan kita untuk mengerjakan sesuatu yang semestinya bisa kita lakukan jauh hari sebelumnya.

Lalu, setelah dua acara itu, modul berikutnya adalah Bagaimana Membangun 99 Impian yang Memberdayakan.

Materi yang menarik, sebenarnya ada pada modul ”Disiplin Diri dan Puncak Prestasi”. Sebagai contoh, kita tampilkan bagaimana Michael Jackson bisa tampil menarik dan top dengan disiplin keras dan ketat : latihan 100 jam sebelum manggung!

Lalu, modul berikutnya kita seling dengan ” Who Moves My Matches?”. Di game ini, mereka belajar berpikir diluar kebiasaan – persis seperti saat mereka melihat 99 fungsi handphone. Di awal agak kelimpungan, namun dengan pembiasaan mereka mulai deh menyabet berbagai Kueh Award yang siap lahap !

Hanya saja, saya pikir idealnya sih, setiap modul bagusnya diberikan satu hari satu modul. Lalu diselingi dengan latihan fisik baris berbaris dan doktrin kebangsaan dan kenegaraan. Dan dilanjut dengan modul pengembangan karakter lainnya, dan lagi diselingi latihan fisik dan tempaan mental. Demikian seterusnya. Namun, karena waktunya mefet, maka 14 jam mereka dicekoki modul in-house dan outdoor training dari HAI Edumain.

Modul akhir, ditutup dengan Leadership dan Soliditas Team. Memilih untuk menjadi diri sendiri, memilih untuk menjadi Sang Juara, dan terbang melesat seperti Elang !

Alhamdulillah, 97% menilai sangat bagus, dan perlu dilanjutkan secara berkesinambungan. Semoga mereka mampu memuliakan jiwa patriot dan cinta kepada bangsa, negara dan tanah airnya : Indonesia. Dan sukses dalam mengibarkan dan menurunkan sang saka Merah Putih pada tanggal 17 Agustus 2009 nanti. Amin.

Hanya saja, sebelum pulang… tak kuasa, saya kembali melihat kebelakang. Melihat semua sorot mata dan semangat mereka. Sungguh, secara keseluruhan… saya agak sedih. Fasilitas dan support yang mereka terima, maaf… rasanya tak sesuai dengan tugas yang mereka emban.

Saya pun tidak begitu yakin, apakah setelah mereka selesai menyelesaikan tugasnya dengan sempurna mereka masih mampu berteriak penuh energi dengan semangat yang membahana : Merdeka ! Merdeka ! Merdeka !

Hanya bulan dan awan yang menyaksikan semua itu…

Gadung Cianjur,

9 Agustus 2009 pukul 21.09 WIB

6 Tanggapan

  1. Terima kasih atas pelatihan yang diberikan..
    sangat bermnfaat dan memotivasi saya

  2. Terima kasih atas pelatihan yang diberikan..
    sangat bermnfaat dan memotivasi saya untuk menjadi yang lebih baik!!

  3. Terima kasih…

  4. Assalamu’alaikum…mas agung…apa kabarnya…???saya mau mengucapkan banyak terima kasih saat di pendidikan di gadung…disana say mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat yang kelak dapat saya turutkan…Terima kasih telah bersama-sama berbakti untuk negeri dan mas Agung moga tetep jadi orang yang berguna…Amien…Wassalamn…

  5. assalamualaikum wr.wb..
    Mas Agung,apa kabar ?
    Mas, saya mau mengucapkan terima kasih banyak atas didikan Mas yang benar-benar luar biasa sekali…
    Terasa sekali manfaatnya sampai sekarang ..
    Terima kasih..

    Wassalam..

  6. Sorot Mata Paskibraka 2009,,
    waw,,
    pasti seru dech ikut pelatihan itu…
    semangaatt..!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: