Inspiring Teaching – Mendidik Penuh Inspirasi

Setelah istirahat siang ini, saya datang ke toko buku. Cari wawasan baru, cari-cari inspirasi, dan terutama : 1nspirAction !

Saat muter-muter di toko buku, binggo :  saya baru ingat. Beberapa hari lalu, tepatnya tanggal 17 Agustus 2009, sahabat saya Taufik Tea dari Bogor kirim SMS. Isinya : “Ass. Merdeka. Mari kita isi kemerdekaan dengan semangat berbagi. Alhamdulillah telah diterbitkan buku Inspiring Teaching oleh Gema Insani Press bln Juli lalu”.

Oh, alhamdulillah… ternyata kini komunitas HAI Edumain sudah melahirkan 2 penulis. Ronni Fredila (novel), dan Taufik Tea.

Saya cari di rak Psikologi Umum sesuai data yang ada di komputer layanan pelanggan, tak ada. Saya cari dengan potong kompas, tanya langsung ke pramuniaganya. Dengan antusias pramuniaga wanita itu menyapa saya, tersenyum manis, dan dengan gesit keluar dari mejanya seraya tetap menebar senyumnya, “Oh itu, buku yang bapak cari, pasti saya menemukan. Mari, disini pak”, seraya meminta saya untuk mengikutinya.

Oh, ternyata ada di rak buku baru. Dan ternyata nama saya ada dalam Kata Pengantarnya. Bagi mas Taufik, waduh… saya adalah mentornya ! Padahal, rasanya saya hanya mengajak pada berbagai pelatihan di HAI Edumain dimana mas Taufik sebagai salah satu pengisinya, dan berbagi lepas begitu saja.

Lalu, saya bertanya-tanya pada diri ini, apa yang telah menginspirasinya?

Ternyata ada di halaman 225 tentang “Perubahan 1% Setiap Hari”. Katanya, “Bagaimana perubahan secara bertahap itu bisa dilakukan? Pak Agung, mentor saya suatu hari mengatakan caranya, yaitu dengan melakukan perubahan sedikit-sedikit. Jika melakukan perubahan 1% saja setiap hari secara konsisten, sehingga bila ada 365 hari dalam setahun, maka ketika kita berubah 1% setiap hari, berarti kita akan mengalami kemajuan 365% setiap tahunnya”.

Ya bener Mas Taufik, saya sendiri sudah lupa kapan itu saya ucapkan dan dimana. Namun, Insya Allah, buku yang selalu diawali dengan “doktrin-doktrin yang sudah terjaga dan pasti hasilnya” — dari Al Qur’an — akan bermanfaat bagi pembacanya.

Dan akhirnya, sungguh saya pun ingin dimentori oleh Mas Taufik soal Inspiring Teaching ini. Karena, selama saya sekolah, mulai dari SD hingga di UNDP, ILO dan IPMI, hanya sedikit dan terhitung dengan jari, guru-guru yang memberikan inspirasi demi inspirasi dalam pendidikan dan pengajarannya. Guru, dosen yang mengajar itu banyak, namun yang memberikan “inspiring teaching” itu amat sangat sedikit.

Selama kita belajar, kepada siapa pun, di mana pun dan dengan meteri apa pun, kita masih akan selalu merindukan pembelajaran yang penuh warna, mencerahkan dan menginspirasikan !

OK, sukses buat Mas Taufik !

8 Tanggapan

  1. Assalamu’alikum wr. wb.

    Membaca judulnya saja sudah menarik. Yang inspiring selalu ingin saya dapatkan. Dan teaching pun saya lakukan setiap hari. Tapi saya belum sempat mendapatkan buku itu.
    Selamat ya buat Mas Taufik dan Kang Agung.
    Wassalamu’alaikum wr. wb.

  2. Assalamualaikum,,

    Wahhhh bagus bgt mas agung..

    Oh ya mas agung riesma pengen file yang tadi di sampaikan di ruang keterampilann…

    dikirimnya lewat e-mail ries za ni… euleuh_euleuh@yahoo.com ato yang atas…
    makasih ya mas agung..

  3. Assalamu’alaikum Wr. Wb

    Terimakasih kepada Pak Agung baik untuk komentarnya maupun sharingnya yang tak terhingga gunanya buat saya hingga saat ini. Baru sekarang saya beranikan komentar di bog ini. Semoga akan semakin banyak lagi Pak Agung memberikan sharingnya kepada saya di masa depan. Saat sekarang pun saya menyempatkan untuk berbagi info soal Inspiring Teaching ke sekolah-sekolah dan perguruan tinggi.
    Semoga kita dapat bersinergi kembali. Salam buat keluarga. Saya sudah siapkan sesuatu tulisan nanti di Januari 2010.

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb

    • Pak.. saya mahasiswa yang mau buat skripsi tentang inspiring teaching
      pak…bantu saya ,,,,,
      cp saya : 085296979778
      saya butuh referensi yang lain. tapi saya kurang ide
      saya pend.matematika

      • Aswr.

        Teti, mhn maaf bila saya baru balas.

        Kenafa tidak kita berbagi di rumah saja. Ada banyak hal yang bisa share. Siapa tahu ada manfaatnya.

        So, ayo ditunggu di rumah !

  4. Kita bisa mengikat Mau, Mampu dan Maju dengan Buku. Sesederhana apa pun yang namanya buku, insyaallah selalu saja ada yang membutuhkan itu buku.

    Ayo, mas Taufik… buku keduanya ditunggu ya..

  5. Inspiring Teaching – Mendidik Penuh Inspirasi
    judulnya sungguh menarik
    apalagi isinya.,,,
    Semoga akan semakin banyak lagi Pak Agung memberikan sharingnya kepada saya di masa depan.
    amiin.🙂

  6. saya mahasiswa di STAIN Kudus.
    saya mau buat skripsi tentang inspiring teaching.
    tapi saya bingung cari referensi lain
    kalo mau beli atau diskusi tentang buku bapak gimana ??
    minta inspirasi dari bapak ….. boleh ????

Tinggalkan Balasan

