Harga Sebuah Kedisiplinan

Seorang sahabat dekat barusan telpon, kangen katanya. Dan kemudian, ia pun cerita mengenai itu dan ini, mulai dari impiannya hingga pekerjaannya.

“Oh ya Mas, ada cerita menarik nih hari ini mengenai kedisiplinan…”

“Hm… kayaknya menarik. Ceritakanlah !”

Sambil senyam-senyum ia pun bercerita , “Seorang sahabat dari kampung barusan telepon saya. Ia kangen pengen ketemu dengan saya yang kebetulan ia pun ada urusan lain di kota saya. Saya pun kemudian memandunya, ia harus berangkat jam berapa, naik apa, turun di mana, dan panduan bengek-tetek lainnya”.

“So, lalu apanya yang menarik?”, sela saya tak sabar.

“Hush, dengerin dulu dong!”, katanya setengah marah. “Ia berencana berangkat jam 11 dari kampungnya, tapi saya suruh ba’da dzuhur saja. Karena hari ini dzuhur pukul 11.49 WIB. Tahu ngak mas, ia berangkat jam berapa?”

“Ya ngak tahu, meneketehe…”, kata saya menggodanya.

“Ia jadi ngeselin nih. Tapi itu harga dan konsekuensi yang harus ia tanggung karena sebuah ketidakdisiplinan…”.

“Maksudnya?”

“Gini lho, karena ia terlambat 1,5 jam, maka pertama, ia jadi datang malam-malam. Kedua waktu tempuh dia jadi lama karena macet pas pulang kerja. Ketiga, ia terus menerus sms-sms-an, kan ngabisin pulsa… Keempat, ia sendiri jadi cemas. Kelima, ia pun jadi nganggu waktu kerjaan saya. Keenam, pulsa saya pun jadi terbuang mubadzir jadinya hanya karena dampak ketidakdisiplinannya. Ketujuh, ah udahlah…”.

“Ya udah atuh, kamu teh tulus ngak sih nolong temenmu itu? Itu kan temen sekampungmu juga kan. Ya, udah aja maafin. Ya, tinggal kamu kasih tahu aja dia kedepan harus gini dan gitu, disiplin waktu!”

“Eh, si mas mah… saya kan mau share… Bukannya ngritik saya…”

“Ngak-ngak, ini kan bagus ya… untuk pembelajaran kita juga ya…”, kata saya meluruskan. “Bahwa  sebuah kedisiplinan itu ada harganya”.

“Ya, ia lah mas… Saya sih maafkan dia… Orang darah biru kan pemaaf..”

OK, orang darah biru itu pemaaf…

Satu Tanggapan

  1. karena dari sebuah kedisplinan
    akan membuahkan hasil yang membuat kita sukses…
    & banyak yang akan menyanjungmu…

Tinggalkan Balasan

