Saya Bermimpi, Guru Anak Saya Seorang Blogger

Saya bermimpi, guru anak saya kelak adalah juga seorang blogger.

Bila guru anak saya seorang blogger, maka ia bisa berbagi apa saja yang ada di dada dan dikepalanya. Mengenai kebaikan, keteladanan, nilai-nilai hidup, atau apa saja yang baik menurutnya.

Dengan membuat blog, sebenarnya seorang guru bisa berkreasi dan berbagi lebih banyak lagi. Untungnya buanyak :

#1. Guru bisa menyampaikan materi kurikulum dan jadwal belajar-mengajarnya. Ada tugas apa, kapan harus diselesaikan, hingga pengumuman hasil belajar siswa.

#2. Guru bisa memberi informasi lain dari sisi lain dari sebuah pelajaran yang ia tak sempat ia sampaikan didalamr kelas. Semisal, bila guru menyampaikan mengenai pemanasan-global, ia bisa menyarankan web atau link apa saja yang berkait dengan meteri pemanasan global. Juga tokok-tokoh pahlawan lingkungan, institusi dan lembaga pelestarian lingkungan, hingga kasus-kasus perusakan lingkungan yang terkini yang menjadi sorotan masyarakat.

#3. Dengan banyak berbagi, secara tidak langsung guru bisa melihat : siapa saja anak didiknya yang benar-benar ngeh dan tertarik mengenai materi pelajarannya lebih lanjut.

#4. Bagi siswa yang berhalangan masuk sekolah karena sakit atau alasan lain, ia masih bisa mengikuti pelajaran apa saja yang disampaikan hari itu dan hari lainnya, karena setiap hari seorang guru mewajibkan setiap anak secara bergantian menyampaikan setiap materi ajar hari itu yang disampaikan via email untuk ditampilkan di blog gurunya.

#5. Manfaat lain, setiap siswa secara tidak langsung “dipaksa” untuk bisa meringkas, menulis dan “manata pikirannya” sehingga tulisannya dapat dimengerti dan difahami oleh siswa lain yang berhalangan hadir.

#6. Blog juga bisa dibuat sebagai alat untuk menyampaikan pendapat dari kelompok belajar yang dibentuk di kelas. Jadi sebelum disajikan dan dipresentasikan di dalam kelas, setiap kelompok belajar telah meng-add pendapatnya di blog gurunya. Dari sini, guru, siswa, juga kelompok lainnya, bisa mendiskusikan lebih lanjut dan mendalam.

#7. Sebenarnya, blog juga tidak hanya dipakai sebatas membahas masalah-masalah kependidikan, pembelajaran dan bahan ajar di kelas. Blog bisa juga dijadikan semacam kumpulan hasil pemikiran dan “perpustakaan” online yang siap pakai.

#8. Dari bahasan-bahasan yang di ada di blog, guru juga pihak sekolah, bisa secara tidak langsung melihat kualitas proses belajar mengajar antara anak-didik dengan guru yang bersangkutan. Apa yang tersampaikan di blog, bisa menjadi bahan ulas-ulang (review) bagi perbaikan kualitas belajar-mengajar kedepan.

#9. Blog juga bisa dipakai alat pertukaran informasi sesama guru mata ajar pelajaran tertentu, praktisi, asosiasi guru, dan jejaring dunia pendidikan. Mulai dari tingkat sekolah hingga membuka informasi ke tingkat global.

#10. Bisa jadi juga, dengan adanya komunikasi blog, apa yang disampaikan guru di sebuah desa, ditambahkan atau mungkin juga dikoreksi oleh seorang ahli yang kini sedang sekolah S3 di Jerman, justru karena ia lulusan dari anak-didik guru dan alumni sekolah yang bersangkutan, yang masih peduli dan mencintai guru dan sekolahnya.

Jadi senyatanya, digabung jadi satu, muanfaat blog itu sangat banyak dan luas. Seluas langit imajinasi kita.

Tapi sayang, dengan teknologi informai yang kian murah sekarang ini, amat sangat sedikit guru bisa menulis di blog dan sadar akan kekuatan blog itu sendiri untuk peningkatan proses belajar mengajar dan mutu pendidikan. Jangankan bisa dimulai di kelas SD, di level perguruan tinggi di kota sekali pun, proses ini masih amat jarang saya temui.

Ya, ini hanya sebuah mimpi. Entahlah, apakah anak saya kelak akan mendapatkan apa yang saya inginkan atau tidak. Semoga saja, ia akan mendapatkan media belajar mengajar online yang lebih baik. Amin…

Satu Tanggapan

  1. dari sebuah mimpi bisa menjadi kenyataan…
    berdo’alah mudah-mudahan menjadi kenyataan..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: