52 Inspirasi Meningkatkan Soliditas Team di Kelas dan Sekolah

Inilah 52 Tips Sederhana untuk Melejitkan SOLIDITAS TEAM Di Kelas & Di Sekolah

Belajar akan efektif, bila menyenangkan, menantang, relevan dan berkesinambungan. Dan suasana ini akan terwujud bila diantara kita terwujud kedekatan, rasa persaudaraan dan kebersamaan yang tinggi. Karenanya, kelas, sekolah, mesjid / tempat ibadah, dan hari-hari penting bisa dijadikan sebagai media terbaik untuk meningkatkan soliditas tim, mengasah kepekaan sosial dan sekaligus dapat meningkatkan kecintaan bersama terhadap almamater kita : SEKOLAH KITA.

Sejumlah pengalaman dan bukti nyata telah menjunjukkan pada kita, bahwa untuk meningkatkan kedekatan, rasa kekeluargaan, dan soliditas team, bukanlah dengan menitikberatkan pada acara-acara besar yang diadakan dengan peserta yang besar. Namun pada kesungguhan setiap peserta untuk terlibat secara penuh melaksanakan acara-acara itu, yang mana acara-acara itu telah dirancang dalam sebuah program yang terintegrasi dengan program rutin sekolah itu. Jelas, program harus dirancang dengan terencana, sistematis dan bermanfaat nyata bagi semua peserta.

Dan inilah 52 Tips Aplikatif Terbaik untuk Meningkatkan Rasa Kebersamaan dan Kekeluargaan Kelas dan Sekolah SEKOLAH KITA. Teknisnya, kita bisa menyesuaikan dengan waktu, kondisi dan sumber daya yang kita punyai untuk dapat mengaplikasikannya.

Selamat berkreatifitas !

IDENTITAS KELAS
1. Buat NAMA KELAS dan TAG LINE-nya : Sederhana, future oriented, kuat, memberi semangat. Tag line : tidak lebih dari 5 kata. Boleh bahasa Inggris.
2. Buat dan lombakan LOGO KELAS dan filosofinya. Lalu tempel di dalam kelas, nama kelas, tagline dan logo kelas
3. Buat LAGU KEBANGSAAN kelas
4. Tempelkan MAGIC WORDS kelas. Misal : “Hangat, Dekat dan Selalu Bersahabat”, “All for One, and One for All. Allahu Akbar !!”, dll.
5. Buat GRUP FB TERTUTUP kelas, lengkap dengan walikelas didalamnya.
6. SALAMAN KHAS KELAS yang unik, akrab, dan mengesankan. Salaman laki-laki, perempuan dan laki-laki perempuan berbeda.

Lengkapi atribut kelas :
7. Buat NAME TAG kelas
8. Buat BROS kelas dengan logo dan kata-kata emas dan kata-kata penyemangat (magic words)
9. Buat STIKER untuk ditempel di kendaraan / di rumah.
10. Buat TOPI seragam untuk laki-laki atau SYAL untuk perempuan
11. Punya TASBIH lengan yang seragam. Atau atribut lain yang disepakati bersama.

Note : pertimbangkan beban biaya iuran dengan cara membuatnya secara terprogram dengan baik, sistematis dan berkelanjutan. Jangan membuat secara bersamaan yang mungkin berakibat jadi beban finansial yang cukup besar dan memberatkan.

SETIAP HARI
12. TUKAR TEMPAT DUDUK. Setiap hari, tanpa terkecuali berganti-ganti pasangan tempat duduk. (Mengasah emotional quotient, mengenal pribadi lebih dekat)
13. Setiap hari 10-15 menit pertama : MENGAJI sebelum memulai belajar
14. Bagi laki-laki, shalat dhuhur/ashar WAJIB BERJAMAAH DI MESJID.
15. Setiap Senin : tukeran jam tangan
16. Setiap Selasa : tukeran tas
17. Setiap Rabu : tukeran jaket / sweeter (bagi yang bawa)
18. Setiap Kamis : wajib bahasa inggris
19. Setiap Jumat : tausyiah 15 menit oleh salah seorang siswa dan terus bergantian setiap Jumat. Manfaat : mengasah god spot, ESQ, kesalehan diri dan kesalehan sosial.
20. Setiap Sabtu : berbagi cerita cinta di 15 menit pertama di pagi hari. Cerita cinta kepada orang yang kita cintai, guru, ibunda, ayahanda, nenek / kakek; atau tips life skills, kiat hidup sehat, atau apa pun yang disampaikan oleh satu siswa di depan kelas. Lakukan secara bergantian. Acara ini bermanfaat sebagai ajang untuk melatih keterampilan Public Speaking (yang juga akan meningkatkan kepercayaan diri, kemampuan berpikir ilmiah dan sistematis, communication skills, dll).
21. Setiap Minggu : update kata-kata positif di Facebook / Twitter

EVENT / INSIDENTAL
22. DISKUSI KELAS DI LUAR KELAS. Rahasia prestasiawan UN Bali adalah karena mereka senang berdiskusi diluar kelas bersama-sama. Udara luar yang segar di ruang terbuka hijau dan aktivitas yang dilakukan bersama membuat hati lebih lapang, gembira, menyenangkan, dan semua itu jelas mencerdaskan !
23. Rayakan ULANG TAHUN teman sekelas dengan cara yang sederhana dan mengezutkan : Super Trap, Big Surprise, Super Jail,  dll.
24. Rayakan ultah WALI KELAS dengan penuh makna, Big Surprise yang Membahagiakan !! Tanpa terkecuali, setiap siswa membuat tulisan indah, bermakna dan penuh rasa syukur untuk guru kita yang sedang berulang tahun.
25. RAMADHAN : kuliah subuh bersama (minimal 1 kali di mesjid Agung) dan buka bersama lengkap dengan Tarawih Bersama !
26. Rayakan HARI-HARI PENTING keagamaan dan hari-hari penting nasional dengan cara yang lebih unik, akrab dan menceriakan suasana kelas dan sekolah. Misalnya pada Hari Batik 2 Oktober : kompak semua civitas sekolah memakai baju Batik di sekolah.
27. Bakti sosial / CSR untuk lingkungan diluar sekolah. Qurban, kunjungan ke panti jompo, pesantren, dlsb. Sesuaikan dengan tema hari besar nasional, hari besar keagamaan, program sekolah atau program angkatan. Buat sekreatif mungkin. Jangan yang biasa-biasa, “seperti biasanya”, atau “yang sudah-sudah juga begitu” !
28. Bagus, dan sangat menarik ! ULTAH SEKOLAH, guru-guru jadi tim upacara bendera dan berbaju sekolah. Pertahankan ini.

ACARA BULANAN
29. Buat Arisan “SAATNYA MENGISPIRASI !!”. Durasi cukup 15 menit. Bisa diambil dari cerita pribadi, curhat yang bermanfaat, pengajuan ide program bersama, atau mengisahkan cerita yang sungguh inspirasional, penuh hikmah dan bermakna. Lakukan dengan memilih 3 peserta yang dikocok secara acak!
30. JOGGING BERSAMA. di tempat yang dirasakan lebih nyaman dan lebih ternikmati.
31. Tukeran GIFT CINTA setiap tanggal 17. Minimal gift misalnya Rp 10.000,-, dan disertai tulisan harapan dan masukan untuk kelas. Harapan dan masukan kelas ditulis tangan di kertas cantik ukuran A4, boleh dikertas berwarna, dihias/diwarnai dan ditempel di kelas.
32. FOTO TERBAIK BULAN INI. Setiap moment yang baik, di kantin, di perpustakaan, saat olah raga, saat stress, saat bercanda, dlsb ambil foto terbaik dari handpone atau kamera digital kita. Ambil satu yang terbaik. Dan tempelkan di kelas. Lombakan dan pilih yang terbaik oleh Tim Juri Pecinta Moment Terbaik di kelas. Pengembangan : Lombakan dengan foto terbaik dari kelas lainnya. Dan foto terbaik siap dipajang di Perpustakaan Sekolah, website sekolah, dan di tempat pengumuman sekolah, lengkap dengan judul foto, nama fotografer dan cerita singkat dibalik foto itu.
33. Setiap bulan, setiap kelas menyumbangkan buku pengembangan karakter, buku dan novel inspirational, atau buku agama untuk perpustakaan sekolah.

ACARA DWIBULANAN / TIGA BULANAN
34. LIWET CELEBRETION. Di tempat terdekat. Bisa di sawah, mancing bersama, tempat bergantian. Tak perlu jauh, tak perlu mahal. Buat sesederhan mungkin. Yang penting : kebersamaa n !

ACARA SEMESTERAN
35. Terapkan QUANTUM LEARNING. Antara lain dengan menghias dan menceriakan suasana kelas. Utamakan warna soft, warna terang atau warna biru cerah. Hindari warna coklat dan warna gelap. Bila sekolah belum mengizinkan, buat banner yang inspirasional !
36. Lakukan pergantian dan penyegaran KEPALA SUKU (ketua kelas) dan pengurusnya setiap 6 bulan. Ganti istilah ketua kelas dengan istilah yang lebih unik, misalnya : kepala suku untuk ketua kelas, Menkeu (menteri keuangan) untuk bendaraha, dan sekretaris dengan Setneg. Buat juga PR (public relation officer / humas) bila dirasakan perlu.
37. TOUR KELAS. Tak usah jauh, tidak perlu mahal, menginap bersama Guru Wali Kelas, shalat berjamaah, tausyiah subuh, jalan-jalan pagi bersama. Dan buat acara yang menarik, bermanfaat dan bermakna.

ACARA TAHUNAN
38. Bentuk KETUA ANGKATAN sejak sekarang. Buat pula acara atau program angkatan yang bermanfaat untuk angkatan dan berkontribusi buat sekolah atau masyarakat.
39. TRAINING INSPIRATIONAL. Undang Alumni sukses dari ITB, UI, usahawan sukses untuk berbagi di sekolah dalam acara workshop, seminar pendidikan, tabligh akbar, dll
40. TOUR ANGKATAN. Untuk meningkatkan kebersamaan, kedekatan, dan kekeluagaan, outdoor activities tidak jarang lebih efektif daripada aktivitas dalam ruang
41. Buat KAOS kelas.
42. Setiap Kepala Suku (ketua kelas) memiliki nomor kontak (HP/Telp.) kepala suku lainnya yang seangkatan untuk memudahkan koordinasi program bersama dan meningkatkan komunikasi antar kelas.

FUTURE ORIENTED
43. Rubah akses PINTU MASUK kelas dari belakang kelas.
44. KUNKER PTN FAVORIT. Miliki “pengalaman di muka” dengan dengan cara melakukan kunjungan kerja inspirasional ke PTN yang akan dituju bersama-sama dengan sahabat yang seminat. Bayangkan kita SUDAH JADI mahasiswa “penghuni” di kampus impian kita. Pegang gerbangnya, makan di kantinnya, shalat di mesjid kampus, minta izin masuk ke perpustakaan dan nikmati ilmu-ilmunya, tawafi (kelilingi satu kali dengan berputar ke arah kiri berlawanan arah jarum jam) sambil bacakan shalawat. Insya Allah kita bisa masuk. Amin !

KENANGAN ABADI
45. WARISKAN BLOG KELAS fasilitas gratis dengan wordpress.com. Setiap siswa secara bergilir ditugaskan untuk meng-upload setiap mata pelajaran ke blog kelas. Sehingga siswa yang berhalangan hadir (ijin, sakit, dll) masih bisa mengikuti secara online. Bila kita naik kelas, maka blog ini bisa diwariskan ke adik kelas berikutnya. Di blog ini buat link-link dengan sumber informasi yang bermanfaat untuk pendalaman dan pengembangan ilmu. Di Tangerang, upaya ini sudah dimulai sejak kelas 3 SD dan sangat positif hasilnya !
46. FOTO BERSAMA WALI KELAS dan KEPALA SEKOLAH setiap tahun. Foto yang lepas, ceria dan bergaya bebas. Cetak yang besar dan tempelkan didalam kelas lengkap dengan logo, nama kelas dan tagline-nya. Foto ini akan sungguh indah dikenang 5 tahun kemudian…
47. Buat JAKET KELAS
48. Buat dan pecahkan REKOR MURI (Musium Rekor Dunia Indonesia, http://www.muri.org/, Email : info@muri.org, Pos ke alamat : Musium Rekor-Dunia Indonesia, Jalan Perintis Kemerdekaan 275, Semaran).
Misalnya pada hari Hari Anti Tembakau International 31 Mei, melakukan “Gerakan Zona Larangan Merokok di Sekolah” dengan aksi mematikan api rokok di lidah yang dilakukan oleh 1200 siswa secara bersamaan !!
49. BUKU ALUMNI. Berisi : nama lengkap, nama panggilan, alamat lengkap, HP/Telp., email, kata-kata emas / prinsip hidup, kenangan terindah, dan harapan kedekatan dan kekeluargaan kedepan.

TUGAS “PRESIDEN” ANGKATAN
50. Pilih KETUA ANGKATAN, dan buat program sederhana yang inspirasional per 4 bulan untuk sekolah.
51. Buat PAGE FACEBOOK : “PRESTASI SEKOLAH KITA” – yang lebih menekankan foto-foto prestasi dan liputan pers atas prestasi civitas akademi Smansa Cianjur .
52. Buat BLOG “PRESTASIAWAN SEKOLAH KITA” – yang lebih menekankan rahasia sukses, perjuangan dan sisi humanis dari para prestasiawan Siswa, Guru, Civitas Akademi Sekolah Kita dan para Alumni Angkatan yang berprestasi di Kota Kita, Tingkat Propinsi, Indonesia dan ajang kompetisi Dunia.

SEBATAS LANGIT IMAJIJASI

Kita bisa menyampaikan, menciptakan dan merubah apa pun untuk seluruh sahabat-sahabat kita di kelas dan di sekolah kita yang kita cintai ini. Selama itu dilakukan dengan niat baik, disampaikan dengan cara, bahasa dan di tempat yang baik, insyaallah hasilnya akan jauh lebih baik.

Ada banyak cara untuk meningkatkan rasa kebersamaan, kekeluargaan dan kecintaan kita kepada kampus tercinta ini. Banyaknya, sungguh sebatas langit imajinasi kita.

Karenanya, mari kita berikan hal terbaik yang kita punyai untuk kebaikan dan kemajuan sekolah yang kita cintai ini : SEKOLAH KITA.

Semoga tulisan kecil ini bermanfaat adanya.

Salam hangat & sukses selalu,
agungmsg@gmail.com
0813 2045 5598
http://www.HerbalShopKu.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: